Cara Manajemen Utang Agar Finansial Tetap Selamat

Cara Manajemen Utang Agar Finansial Tetap Selamat

Reddit.jsalfamart.com Apakah Anda pernah berhutang seperti tidak ada akhir? Meski sudah bergaji dengan upah minimum, tapi kenapa untuk memenuhi kebutuhan bulanan itu masih belum cukup ya?

Meskipun kali masih begitu siswa, dengan uang bulanan dari orang tua dari 1,5 juta dolar dapat membayar uang kos bulanan, pengeluaran bulanan, bahkan bergaul secara teratur dengan teman-teman.

Tetapi setelah bekerja, kebutuhan rasa meningkat sehingga gaji $ 4 juta dianggap tidak dapat memenuhi semuanya. Kenapa?

Perilaku Konsumen Meningkat

Perkembangan teknologi yang sangat pesat akhir-akhir ini juga mempengaruhi gaya hidup masyarakat Indonesia, termasuk pola konsumsi sehari-hari. Fasilitas kredit yang mudah kemudian mendorong masyarakat kepada konsumen.

Bahkan, – milenial sekarang rasanya sudah akrab dengan fasilitas PayLater, sedangkan batas kreditnya 10 kali gaji bulanan. Jika Anda tidak sangat pintar untuk menggunakan, Bisa anda malah terjerat dalam utang.

Disadari atau tidak, Anda pasti akan mendapatkan jadwal notifikasi atau cashback dari merchant tertentu hampir setiap hari, baik melalui televisi, brosur, hingga notifikasi di smartphone.

Munculnya iklan-iklan mampu “menghipnotis” Anda untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak perlu, karena biasanya memancing dengan cashback.

Namun terlepas dari banyak persuasi pemasaran, keputusan untuk menjadi konsumtif atau sebaliknya tetap di tangan Anda. Jadi, jadilah cerdas untuk mengelola keuangan ya!

Kenali konsumtif utang VS produktif utang

Saat mengelola keuangan Anda, Anda tidak dilarang mengambil pinjaman. Namun, Anda harus memahami apakah pinjaman diklasifikasikan sebagai utang konsumen atau penghasilan utang. Apa bedanya?

Saat ini, proses pengajuan pinjaman bisa sangat mudah, terutama jika Anda seorang karyawan dengan gaji tetap setiap bulan. Namun, sebelum mengajukan pinjaman, ada baiknya untuk memeriksa terlebih dahulu kemampuan keuangan Anda. Bagaimana?

  • Catat semua pendapatan yang masuk, lebih baik daripada pekerjaan utama atau paruh waktu. Tulis semuanya dalam lembar kerja Excel.
  • Catat pengeluaran di lembar Excel kedua. Kemudian perhatikan, apakah pengeluaran besar sama dengan jumlah gaji. Jika ya, maka Anda harus ada biaya yang dibatasi. Jika Anda enggan membatasi pegeluaran, maka carilah cara lain untuk menambah penghasilan mereka.
  • Jika Anda memiliki keinginan, misalnya membeli output terbaru mobile, pastikan bahwa pembayaran utang / hipotek tidak lebih dari 35%. Jika lebih dari itu, maka akan ada satu atau lebih kebutuhan lain yang harus Anda biarkan. Rasio ini lebih dari 35% dari pendapatan untuk membayar utang termasuk kategori tidak sehat.
  • Utang yang diambil lebih disukai adalah utang produktif, sehingga pendapatan operasional yang diperoleh dapat digunakan untuk membayar utang hipotek. Selain itu, Anda tidak perlu memotong pendapatan untuk membayar cicilan tersebut (Baca Juga: Tips Mendapatkan Kredit untuk modal kerja).

Lalu, Bagaimana Jika Anda Sudah Berhutang?

Jika Anda atau orang-orang di sekitar Anda berhutang, maka beberapa tips ini dapat dicoba:

  • Hal paling mendasar yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah membuat daftar hutang.
  • Jika utang terlalu besar, cobalah untuk bernegosiasi dengan leasing atau lembaga yang memberikan pinjaman untuk mendapatkan keringanan angsuran, bunga, atau periode penebusan.
  • Anda harus segera bergegas mencari penghasilan tambahan. Jika perlu, jual aset-aset yang anda miliki terlebih dahulu sebagai modal. Kesenangan dan aset adalah teknik melarat ketika tidak ada jalan lagi. Adapun aset yang paling bagus untuk dijual adalah aset yang tidak produktif, artinya barang-barang tersebut tidak diperlukan di bidang pekerjaan atau bisnis anda.
  • Memiliki penghasilan tambahan juga dapat membantu Anda melunasi utang sambil tetap memenuhi kebutuhan dasar.
  • Jangan lupa menyisihkan uang untuk investasi saat utang sudah lunas seluruhnya.

Utang Snowballing itu berbahaya!

Ada kalanya seseorang yang sudah terlilit utang akan merasakan kebingungan, bahkan untuk sekedar membayar hipotek.

Pada saat seperti itu, tidak jarang mereka akan melakukan penambahan utang untuk melunasi utang lebih awal. Membayar utang dengan utang akan membuatnya semakin meningkat, alias utang Snowballing.

Jangan berpikir utang bola salju adalah hal yang mudah dilakukan. Dalam pemberian utang, Bank atau lembaga keuangan akan memeriksa 5c (Karakter, Kapasitas, Modal, agunan dan kondisi).

Analisis 5C digunakan untuk memeriksa apakah debitur dapat diberikan kewajiban (kewajiban) untuk membayar pinjaman.

Hutang Anda sebelumnya akan dicatat dalam pemeriksaan BI. Jika jumlahnya jauh lebih besar dari pendapatan, maka kemungkinan besar aplikasi pinjaman Anda akan ditolak.

Sebaliknya, keuangan Anda diminta untuk “sehat” agar dianggap layak mendapatkan pinjaman.

Jadi, apakah bola salju utang tidak benar-benar disarankan. Daripada menggali lubang menutup lubang, Anda harus mulai mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.